Internet

Senin, 14 November 2011
Kata internet saat ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan internet saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan. Dengan internet kita bisa lebih mudah untuk berkomunikasi, berbisnis, belajar, bersosialisasi, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan internet. Meskipun internet sudah menjadi kebutuhan dan digunakan setiap hari, tetapi banyak diantara kita yang hanya bisa menyebutkan kata internet tanpa mengetahui artinya. Untuk itu penting rasanya membahas tentang Pengertian Internet.

  
Pengertian Internet (Interconnected Networks) adalah jaringan komputer yang menjadi jembatan antar komputer satu dengan komputer lainnya di seluruh dunia untuk keperluan komunikasi dan informasi. Jaringan atau network tersebut mempunyai fasilitas untuk layanan internet seperti Browsing Internet yang berfungsi untuk mendapatkan sumber informasi dari  seluruh penjuru dunia melalui World Wide Web atau yang biasa orang dengar “www.”. Orang dapat mengambil data, memformat serta menampilkan informasi seperti audio, video, grafik maupun text.
Banyak sekali contoh layanan internet seperti: email, blogging, jejaring sosial dan masih banyak lagi yang dapat ditemukan di internet, bahkan banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai tempat penghasilan mereka seperti para publisher iklan ataupun jasa-jasa yang tersedia di dalam internet.



Dampak Negatif Internet
Penggunaan internet saat ini sudah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan. Internet sangat bermanfaat bagi semua kalangan karena memberikan informasi yang up to date setiap saat. Disamping internet mempunyai banyak manfaat, internet juga memiliki dampak negatif apabila tidak digunakan secara baik. Dampak negatif penggunaan internet seiring perkembangannya antara lain:

* Adanya ancaman virus
* Carding atau pencurian nomor kartu kredit
* Adanya aktivitas cracking
* Pembajakan karya intelektual
* Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral (pornografi)

Untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan internet, maka perlu adanya pengawasan khusus dan aturan yang jelas tentang pemakaian internet terutama dikalangan pendidikan.


0 komentar:

Posting Komentar